Halaman

Selasa, 27 Desember 2011

Tonsilitis atau Radang Amandel

Amandel atau tonsil adalah dua buah kelenjar getah bening di kedua sisi belakang tenggorokan, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengandung sel-sel antibodi untuk menjebak dan membunuh bakteri dan virus patogen dalam perjalanan memasuki tubuh.

Sedangkan Tonsilitis adalah adalah infeksi (radang) pada amandel sehingga amandel menjadi bengkak, merah, melunak dan memiliki bintik-bintik putih di permukaannya. 

Keluhan yang dapat dialami penderita Tonsilllitis, antara lain:

  • Tengorokan terasa kering, atau rasa mengganjal di tenggorokan (leher)
  • Nyeri saat menelan (menelan ludah ataupun makanan dan minuman) sehingga menjadi malas makan.
  • Nyeri dapat menjalar ke sekitar leher dan telinga.
  • Demam, sakit kepala, kadang menggigil, lemas, nyeri otot.
  • Dapat disertai batuk, pilek, suara serak, mulut berbau, mual, kadang nyeri perut, pembesaran kelenjar getah bening (kelenjar limfe) di sekitar leher.

Adakalanya penderita tonsilitis (kronis) mendengkur saat tidur (terutama jika disertai pembesaran kelenjar adenoid (kelenjar yang berada di dinding bagian belakang antara tenggorokan dan rongga hidung).

Pada kebanyakan orang, infeksi yang disebabkan oleh virus hanya perlu diobati dengan parasetamol untuk menurunkan demam. Pereda nyeri juga mungkin berguna untuk mengurangi rasa sakit .
Tonsilitis yang disebabkan oleh bakteri mungkin perlu diobati dengan antibiotik

Pengangkatan tonsil (tonsilektomi) dilakukan jika: 
  1.  tonsilitis terjadi sebanyak 7 kali atau lebih/tahun 
  2.  tonsilitis terjadi sebanyak 5 kali atau lebih/tahun dalam kurun waktu 2 tahun 
  3.  tonsilitis terjadi sebanyak 3 kali atau lebih/tahun dalam kurun waktu 3 tahun 
  4.  tonsilitis tidak memberikan respon terhadap pemberian antibiotik.

Berikut ini beberapa contoh ramuan tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk radang amandel (tonsilitis) :

Bubuk sambiloto sebanyak 3 - 4,5 gram diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum hangat-hangat
.
 Untuk tonsilitis akut
~ 30 gram sambiloto segar/15 gram yang kering, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc,saring,            airnya ditambahkan 200 cc jus buah nanas,aduk, lalu diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali minum              200cc.

~2 buah mengkudu/pace matang + 20 gram kunyit, dicuci dan dihaluskan, disaring dan diambil airnya,              tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis, dan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum. Lakukan 2-3    kali sehari.

  Untuk tonsilitis kronis dengan pembesaran tonsil yang agak besar 
~30 gram benalu jeruk nipis atau benalu teh + 30 gram temu putih + 10 gram sambiloto kering + 20 gram      kunyit, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum untuk dua kali                    sehari,setiap kali minum 200 cc   
~10 lembar daun cocor bebek dihaluskan atau dijus, airnya digunakan untuk berkumur di tenggorokan.             Lakukan 2-3 kali sehari. 
~30-60 gram akar kembang pukul empat dijus, airnya digunakan untuk berkumur di tenggorokan, lalu              ditelan. Lakukan 2 kali sehari.

Semoga bermanfaat
*sumber:Wikipedia dan beberapa sumber lainnya*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar