Halaman

Senin, 02 Januari 2012

Menghindari percikan minyak saat menggoreng

Saat menggoreng terutama menggoreng Ikan, seringkali menimbulkan percikan minyak panas. Percikan tersebut tentunya sangat berbahaya jika mengenai kulit karena akan menyebabkan luka bakar,
Selain itu, percikan minyak akan mengenai berbagai barang di sekitar wajan. Minyak itu akan mengenai barang dan membuat lantai menjadi licin.

 Untuk menghindari percikan minyak saat menggoreng, ada beberapa tips yang bisa Anda pilih.

Potongan jahe:
Sebelum anda menggoreng, sebaiknya masukkan dulu dua atau tiga iris jahe ke dalam wajan yang telah terisi minyak. Minyak akan berhenti memercik secara perlahan dan memberikan aroma sedap untuk masakan anda.

Irisan jeruk nipis
Bila menggoreng ikan misalnya, agar minyak goreng yang panas tidak muncrat dapat diatasi dengan memasukkan satu irisan jeruk nipis pada minyak yang sudah mendidih tersebut, baru setelah itu ikannya dimasukkan. Dijamin minyak tidak akan muncrat

Tepung beras
Taburkan sedikit tepung beras kedalam minyak panas sebelum menggoreng .Lalu masukan bahan makanan yang akan digoreng, Ini menyebabkn minyaknya tidak memercik lagi meskipun anda sedang menggoreng ikan.

Kurangi Air
Biasanya minyak langsung memercik saat bahan makanan yang basah dan mengandung air masuk ke dalam minyak. Karena itu, lebih baik tiriskan bahan makanan yang telah direndam dalam air/bumbu rendaman untuk mengurangi percikan saat masuk ke dalam minyak panas.

Selamat mencoba, Semoga bermanfaat.......

*sumber:dari berbagai sumber







1 komentar: