Rabu, 04 Januari 2012

Membersihkan perhiasan emas

Perhiasan emas anda terlihat kusam dan kotor?  tapi anda tidak sempat pergi ke tempat pencucian perhiasan?
tak perlu khawatir, anda bisa melakukan sendiri di rumah, dengan menggunakan beberapa benda yang tersedia di rumah anda, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membersihkan perhiasan tersebut.



Berikut beberapa tips dan cara membersihkan perhiasan emas;

  • Sebelum membersihkan, persiapkan dulu sabun bayi, kain lembut, sikat lembut dan dua mangkuk air hangat. Tuang beberapa tetes sabun bayi ke dalam satu mangkuk air hangat. Aduk hingga sabun bercampur rata dengan air. Kemudian, rendam dalam air sabun selama kurang lebih 10 menit.
  • Untuk menyingkirkan kotoran yang menyangkut pada sela-sela perhiasan, setelah direndam 10 menit, sikatlah dengan sikat berbulu lembut. Bersihkan secara detil dan pastikan tidak ada kotoran lagi yang menyangkut.
  • Setelah disikat, celup-celupkan perhiasan tersebut ke dalam mangkuk lain yang berisi air hangat. Lakukan pencelupan beberapa kali untuk membuat kotoran hilang dan membersihkan sisa sabun yang menempel.
  • Setelah dicelup-celup, pastikan benar-benar tidak ada sisa sabun dan kotoran yang menempel. Kemudian keringkan dengan kain berbahan lembut, dan angin-anginkan. Setelah benar-benar kering, pasti akan lebih bersinar.

Cara lain:

  • Rendam emas dengan campuran air deterjen selama 10 menit.
  • Setelah itu, bersihkan rantai emas dengan menggunakan sikat gigi bekas.
  • Rendam kembali emas dengan air untuk melepaskan sisa-sisa deterjen.
  • Keringkan dengan mengelap emas dengan kain lembut.Pastikan benar-benar kering sebelum Anda menyimpan atau menggunakan kembali.

Bisa juga dengan menggunakan cairan pencuci piring.

  • Ambil beberapa beberapa tetes kemudian larutkan dalam 2 cangkir air hangat.
  • Celupkan kain lembut ke dalam larutan sabun tersebut,
  • gosok perhiasan yang ingin Anda bersihkan dengan kain tersebut secara perlahan. 
  • Dalam waktu singkat, perhiasan Anda akan mengkilap.

Cara terbaik untuk membersihkan emas atau platina adalah dengan menggunakan pembersih perhiasan yang tersedia di toko-toko perhiasan.
Celupkan dalam larutan, bilas dengan air hangat dan kemudian gosok dengan kain kering bebas serat.

Perlu diperhatikan, emas tidak boleh dibersihkan dengan pasta gigi dan baking soda, karena kandungan kimia dari bahan tersebut sangat keras reaksinya, sehingga akan merusak perhiasan.


Berikut cara merawat perhiasan anda agar tetap mengkilap

1. Laplah sesering mungkin perhiasan emas anda. Gunakan lap dan bahan abrasive seperti autosol yang banyak dijual di supermarket atau sering di bengkel sepeda motor. gunakan lap yang lembut dan bagus dari kaos bekas bahan cotton atau katun yang sudah sering dicuci. Kapas juga bisa namun menggosoknya jadi agak susah.

2. Simpan dalam tas kain sebelum masuk lemari atau tas kulit. Kalau ada silica gel yang mudah didapat di supermarket juga sangat bagus. Tempat lain yang aman adalah kotak kertas, plastic dan logam.

3. Kalau perhiasan emas anda sudah terlanjur tergores dan anda tidak keberatan jika perhiasan emas anda sedikit susut (sama saja,jika diservis ke tukang emas pun susut) gunakanlah amplas no. 1000 kalau sudah halus gunakan amplas no 2000 sampai halus boleh sekali-sekali celup di air.
Kalau dirasa sudah cukup halus pakai saja autosol tadi untuk membuat cling lagi.
Kalau belum cling artinya amplasan kurang. Ini disebut polishing.
Cara ini tidak bisa dilakukan untuk barang-barang yang disepuh karena menyebabkan lapisan sepuh hilang.

Semoga bermanfaat

Sumber: www.wolipop.com,  www.tnol.co.id/fashion-beauty

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar